hi-tech.web.id

Berita Teknologi, Harga Gadget


Virus di Hari Valentine : Awas! Jebakan Cinta di Hari Kasih Sayang


Virus di Hari Valentine : Awas! Jebakan Cinta di Hari Kasih Sayang. Terlepas dari siapa yang merayakannya, hari Valentine nyatanya sering dimanfaatkan penjahat cyber untuk mengumbar jebakan cinta di internet. Mereka biasanya bergerilya di situs-situs kencan. Seperti apa modusnya?


Menurut perusahaan keamanan Kaspersky Lab, banyak ancaman yang bisa dihadapi pengguna dengan mencari cinta di internet.

"Kenyataannya banyak penipu, 'lajang' bohongan karena nyatanya mereka sudah menikah dan karakter palsu lainnya beredar untuk memanipulasi keinginan alami manusia untuk menemukan pasangan," kata Kaspersky, dalam keterangannya.

Kaspersky menyebut jebakan semacam ini sebagai 'honey trap' virtual, dan ini bukanlah hal baru di ranah world wide web. Dan sekali terpukau oleh gairah sesaat, pengguna komputer bisa dengan mudah menemukan dirinya tanpa uang atau infeksi parah pada komputernya.

Popularitas kencan online seperti match.com, badoo.com, mamba.ru dan lain-lain tidak luput dari perhatian para penipu. Email spam menyerupai notifikasi dari situs kencan populer tersebar luas di hampir semua bahasa utama.

Dengan mengklik tautan dalam email, komputer pengguna memiliki risiko terinfeksi program jahat yang diunduh, dan bukan foto orang cantik tak dikenal seperti yang dijanjikan.


Situs kencan palsu tidak hanya membawa risiko yang berhubungan dengan phishing atau malware, situs seperti ini juga bisa membahayakan kekayaan pengguna yang kurang waspada.

Satu penipuan sederhana untuk membuka dompet pengguna adalah dengan meminta registrasi atau konfirmasi usia melalui SMS dengan biaya mulai USD 0,3 (Rp 3.000) hingga USD 12 (Rp 116.000).

Namun, setelah uang dikirim pengguna tetap tidak bisa mengakses situs tersebut, karena tidak ada konten untuk diakses.

Tatyana Kulikova, Senior Spam Analyst Kaspersky Lab mengatakan, internet memberikan banyak peluang untuk berkomunikasi. Namun, internet tidak selamanya menjadi tempat yang aman untuk mencari cinta.

"Kami telah menggambarkan beberapa jebakan cinta (honey trap) yang ada di internet. Agar tidak kecewa, ikuti langkah aman berikut: jangan masuk situs kencan yang tidak dikenal, terutama yang ada dalam iklan spam, jangan membuka email dari pengirim yang tidak dikenal dan jangan membalas email jika mencurigakan," pungkasnya.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Virus di Hari Valentine : Awas! Jebakan Cinta di Hari Kasih Sayang"

Download Ebook Gratis